Kamis, 12 Maret 2015

cara membenarkan handphone yang terkena air

          blogger-hello semuanya, disini saya akan memberi tahu solusi jiha handphone kita terkena air. Pada dasarnya air itu adalah musuh bebuyutan dari alat elektronik tapi kalian jangan takut atau khawatir jika handphene kalian terkena air, karena kemungkinan besar handphone kalian masih bisa dibenarkan.

          Kita bisa meminimalis atau mengantisipasi agar handphone kita yang terkena air tidak terjadi kerusakan yang fatal.  Lantas apa yang harus kita lakukan jika handphone kita terkena air? Tenang disini saya akan berbagi tips dan langkah-langkah dan juga cara mencegah serta memperbaiki handphone yang terkena air. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :



1. Segera lepas / cabut batrei Handphone. 


2. Lepas juga aksesoris yang lain seperti kartu SIM dan kartu memori.

3. Bongkar / lepas casing Handphone.

4. Bonkar / lepas juga baut dan pcb Handphone.

5. Tiup dengan sekencang-kencangnya pada bagian pcb terutama bagian IC, ini bertujuan agar air yang masih menempel pada kaki-kaki IC bisa segera keluar dan tidak mengendap.

6. Keringkan pcb Handphone dengan hair dryer, disarankan jarak hair dryer dengan Handphone jangan sampai terlalu dekat agar tidak merusak komponen yang ada pada pcb Handphone.

7. Jangan ambil tindakan pintas dengan menjemur Handphone karena dari panas sinar matahari bisa merusak komponen-komponen Handphone.

8. Cas batrei Handphone dengan cas desktop sampai penuh. Meski anda meyakini ponsel sudah dalam keadaan kering, biarkan dulu dan jangan keburu memasangkan batrei dan menghidupkan ponsel.

9. Jika semua langkah telah dilakukan dan batrei sudah terisi penuh pasang kembali pasang kembali pcb Handphone, casing,dan juga batrei lalu coba nyalakan handphone. 


Langkah-langkah di atas sudah kita lakukan akan tetapi handphone juga belum bisa nyala / hidup maka langkah selanjutnya sebagai berikut :         


          Masukan Handphone ke dalam kotak / toples dengan di isi beras bila perlu lepas kembali pcb Handphone tersebut kemudian tutup toples tersebut dan diamkan sekitar 2 hari. Dari suhu beras yang ada dalam toples tersebut mampu menyerap kadar air yang ada dalam Handphone / pcb. Demikian cara memperbaiki Handphone kena air semoga bermanfaat.

Hasil gambar untuk handphone terkena air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar