Kamis, 12 Maret 2015

Memperbaiki Handphone Tidak ada Suara Masuk

          blogger- Memperbaiki Handphone Tidak ada Suara Masuk. Servis / memperbaiki Handphone dengan kerusakan atau pemasalahannya pada suara mati total / matot atau apabila kita telefon dan di telefon seseorang maka suara kita tidak terdengar oleh lawan bicara kita telefon atau istilahnya bisu, sebenernya kerusakan ini tidak terlalu parah namun ini membuat kita tidak nyaman banget dalam memakai Handphone tersebut.

           Tapi jangan khawatir bagi sobat yang mungkin kebetulan punya masalah kerusakan Handphone yang sama dengan apa yang saya alami ini yaitu memperbaiki Handphone suara mati total / matot, cara memeperbaikinya pun cukup lah mudah dan letak kerusakan tersebut  pada bagian microfon ( condensor ).


Hasil gambar untuk Lepas juga aksesoris yang lain seperti kartu SIM dan kartu memori.

Ada pun cara - cara serta langkahnya sebagai berikut :

Untuk pertama matikan Handphone kemudian lepas batrei, kartu SIM, kartu memori setelah itu buka / lepas baut-baut Handphone di lanjutkan dengan melepas casing Handphone tersebut.

Langkah - langkah di atas sudah sobat terapkan kemudian menunju langkah selanjutnya bersihkan pcb dan casing Handphone dari kotoran ( debu ) pakai kuas atau pun pakai sikat gigi yang berbulu lembut, dan juga periksa bagian lubang untuk masuknya suara kita yang nantinya akan di tangkap oleh microfon tersebut biasanya lubang tersebut tertutup oleh kotoran / debu jadinya microfon tidak bisa menangkap suara kita.

Apa bila hal tersebut terjadi maka penerima telefon juga tidak bisa mendengar suara kita alias bisu padahal saat telefon kita juga sudah berteriak-teriak tapi tetap tidak terdengar, cari dan amati microfonnya  ( condensor ) jika sudah ketemu lalu cek microfon  tersebut pakai Avo Meter untuk gambar serta bentuk microfon sobat bisa lihat di bawah ini :

Hasil gambar untuk bersihkan casing Handphone dari kotoran ( debu ) pakai kuas

Kebetulan Handphone yang saya perbaiki ini adalah Nokia cara pengecekan microfonnya gampang dan tidak ribet kaya handphone china, untuk Handphone china cara pengecekan microfonnya harus di lepas / di solder dari pcb agar kita bisa memastikan hasil pengecekannya.

Dan kalau sobat tidak punya Avo Meter untuk mengecek microfon tersebut maka langsung saja ganti microfon tersebut dengan yang baru harganya juga murah kok" dan pasti sobat juga akan bisa ganti sendiri microfon tersebut, lumayan kan tidak perlu tambah biaya yang mahal untuk membawa Handphone ke tempat servis.

Cara ini juga bisa di terapkan pada semua merek handphone Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Lg, Siemen's, Motorola, Handpnhone China Cross, Vitel, Asiafone, Nexian, Nexcom atau juga Handphone China yang lain. 

Jadi inti atau pun kesimpulan dari kerusakan / memperbaiki Handphone suara mati total / matot titik dan letak kerusakannya pada microfon ( condensor ), dan ini lah pengalaman saya yang bisa saya bagi untuk sobat semua jika ada pertanyaan atau masih merasa bingung jangan ragu sobat bisa langsung bertanya pada saya dengan meninggalkan komentar di bawah  dengan syarat bertanya serta berkomentar yang baik dan sopan, terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar