Selasa, 17 Maret 2015

Perbedaan Buaya dan Alligator


          blogger - Buaya dan Aligator, keduanya merupakan pemangsa di strata tertinggi rantai makanan yang sangat buas. Namun, banyak dari kita sulit membedakan anatara keduanya, faktanya kedua spesies ini berbeda keluarga (family) ini beberapa perbedaan yang dapat membedakan Buaya dan Alligator.
Keluarga (ordo) Aligator Dan Buaya
Aligator termasuk Famili Alligatoridae, terdiri dari 2 spesies aligator dan 6 caiman. Contoh spesies-spesies tersebut diantaranya, Caiman hitam, Caiman bermoncong lebar, Caiman Yascare, Aligator Mississippi, dan Aligator China.Buaya tergolong Famili Crocodylidae dan terdapat 15 spesies, diantaranya buaya muara atau buaya air asin, buaya Sungai Nil, buaya Papua, buaya Siam, buaya Orinoco dan buaya Amerika.HabitatBuaya dan aligator hidup di daerah tropis dan subtropis namun Aligator hanya di temukan di beberapa tempat saja, seperti di Amerika Serikat dan beberapa daerah di China.
Habitat Hidup
Buaya ditemukan di banyak tempat di belahan dunia. Mereka hidup di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Pakistan, India, Ausralia dan Asia Tenggara. Buaya muara/buaya air asin bahkan ditemukan di pulau2 terpencil di Samudra Pasifik. Mereka dapat berenang bermil-mil jauhnya melewati lautan.
Meskipun buaya dan aligator ada yg ditemukan di wilayah yg sama, tetapi mereka berbeda ordo (family) dan hidup berjauhan. Sebagai contoh di Amerika tepatnya di Florida, buaya ditemukan di dekat laut yg sebagian airnya asin (payau), sedangkan aligator di temukan di dekat daratan yg berair tawar.
Moncong
Buaya memiliki moncong panjang, menyempit, pipih dan seperti membentuk huruf "V". Sementara aligator memiliki moncong yg pendek, lebar, dan seperti , membentuk huruf "U".

Perbedaan Warna
color
Aligator memiliki warna tubuh gelap dan nampak kehitaman. Sementara buaya lebih terang, tampilannyacenderung kehijauan atau kecoklatan.

Panjang Tubuh
panjang tubuh
Ukuran tubuh buaya jauh lebih besar dibandingkan aligator. Aligator dan Caiman memiliki panjang 1,2- 4 m, sedangkan pada buaya mereka memiliki panjang mulai dari 1,5-6 m. Bahkan di India ada yang mencapai 7,5m dan masuk Guinness Book of World Records.

Rahang dan Gigi
rahang dan gigi
Inilah perbedaan yg paling mencolok dari buaya dan aligator. Letak gigi juga merupakan ciri pembeda antara buaya dan alligator. Pada alligator, rahang atas lebih besar dibanding rahang bawah sehingga ketika mengatup, rahang atas menutup sepenuhnya rahang bawah sehingga tidak ada gigi yang mencuat keluar. Sedangkan rahang atas dan rahang bawah buaya relatif sama sehingga ketika mulutnya mengatup akan nampak gigi yang mencuat di sela-sela rahang.

Kaki belakang
Kaki belakang buaya memiliki pinggiran bergerigi yang tidak terlihat pada kaki belakang alligator.

Tempat Hidup
Buaya dan aligator hidup di daerah tropis dan subtropis. Aligator hanya di temukan di beberapa tempat saja. Aligator hidup di Amerika Serikat dan China biagian tenggara, sementara caiman banyak di temukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buaya ditemukan di banyak tempat di belahan dunia. Mereka hidup di Florida, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Pakistan, India, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), dan Ausralia. Buaya muara/buaya air asin bahkan ditemukan di pulau2 terpencil di Samudra Pasifik. Mereka di ketahui mampu berenang di lautan dg jarak yg cukup jauh.

Meskipun buaya dan aligator ada yg ditemukan di wilayah yg sama, mereka tidak hidup berdekatan. Misalnya, di Kepulauan Florida, buaya Amerika ditemukan di dekat laut yg sebagian airnya asin, sementara aligator di temukan di dekat daratan yg berair tawar.

Kelenjar Garam Lidah
Buaya berbeda dari aligator dan caimans dari segi fungsi kelenjar garam di dalam lidah mereka. Secara struktural, ini merupakan modifikasi dari kelenjar ludah. Kelenjar pada aligator serta caiman telah kehilangan fungsi mengeksresikan sejumlah besar kandungan garam. Aligator dan caiman tak mampu melakukan osmosis, untuk mengeluarkan kelebihan garam melalui kelenjar lidah, sehingga mereka hidup di air tawar semua. Berbeda dg aligator dan caiman, buaya dapat hidup di air asin, seperti laut. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar